Saturday, March 30, 2013

Cadangan Klaim pada Perusahaan Asuransi

,

Perusahaan Asuransi terutama untuk asuransi jiwa harus memiliki cadangan yaitu cadangan claim. Cadangan klaim adalah dana yang harus disediakan oleh pihak perusahaan yang akan digunakan untuk membayar kerugian. Karena pada suatu titik tertentu aka nada nasabah yang mengajukan klaim tersebut. Terdapat 2 macam grafik yang dapat menggambarkan cadangan klaim.

Berikut ini merupakan contoh grafik dari cadangan klaim :

Grafik 1

Pada gambar diatas dapat terlihat , Cadangan Klaim akan semakin naik atau bertambah seiring berjalannya tingkat resiko kematian(waktu).  Dari waktu 0 tahun sampai tahun ke 10 merupakan waktu yang digunakan untuk mengumpulkan premi dimana premi tersebut akan digunakan untuk investasi yang dilakukan oleh perusahaan. Setelah waktu pengumpulan premi selesai ditahun ke-10, maka dari tahun ke-10 hingga tahun ke-15 hasil investasi dapat diperoleh. Untuk mengetahui/memperoleh cadangan klaim, maka perusahaan harus menentukan beberapa hal yang harus dihitung terlebih dahulu diantaranya sebagai berikut :

1.  Besarnya jumlah premi (Rp)
2.  Besarnya dana yang harus disediakan untuk investasi (Rp)
3.  Lamanya waktu yang disediakan untuk membayar premi tersebut.

Grafik 2

  Pada gambar diatas, dapat dilihat bahwa jika seseorang (“A”) mengikuti asuransi pada usia 40 tahun dan diasumsikan masa asuransinya mencapai 15 tahun kedepan, maka dapat diperkirakan bahwa usia yang dianggap sebagai tahun resiko (kematian) adalah tahun ke 10 sampai tahun ke 15. Sedangkan dalam hal ini pada tahun ke 0 sampai tahun ke 10 atau dari “A”  berusia 40 – 50 tahun, “A” harus membayarkan premi setiap tahunnya. Dan dari tahun ke 0 sampai tahun ke 15, jika “A” mengalami resiko tersebut maka “A” akan mendapat UP pada masa tersebut.  Jika pada  tahun ke-12  “A” masih hidup maka UP yang akan diberikan kepada “A” diasumsikan bertambah  sebesar 20%, jika sampai tahun ke-14 masih hidup, maka UP sebesar 30%.
Pada Grafik tersebut tipenya terdapat 2 jenis, yaitu grup dan personal. Pada grafik tipe grup, untuk menentukan usia yang akan digunakan sebagai patokan adalah rata-rata usia dari nasabah dalam grup tersebut. Tetapi jika grafik digunakan untuk personal maka usia yang diambil hanya usia nasabah itu sendiri.


Adapun informasi yang harus diketahui oleh perusahaan asuransi, yaitu :

1.   Suku bunga, suku bunga beragam besarnya diantaranya jika tabungan:
·        1 – 20 M = 8%
·        11 – 25 M = 8,5%
·        25 – 50 M = 9%
·        >50 M  = 11%

2.  Paket Asuransi, yaitu antara grup atau personal

Ilustrasi :

Terdapat 10 peserta dalam 1 grup, masing- masing peserta harus membayarkan preminya sebesar Rp. 500rb/thn, maka UP yang dipersiapkan adalah sebesar Rp. 5 jt.

                 

Uang yang masuk ke perusahaan untuk investasi antara  lain perhitungannya adalah sebagai berikut :

Jika dari tahun ke 1 – 10 ada yang meninggal, maka fungsinya “ F(X)” langsung dikurangi saja dengan tingkat resikonya, contoh : F(I) = 500rb/org – resiko
Resiko disini adalah probabilitas  tingkat kematian
Jadi asumsinya, resiko = 1/1000 x UP .

                           

Skema pembentukan cadangan klaim:




Grafik Cadangan GTL adalah sebagai berikut :













0 comments to “ Cadangan Klaim pada Perusahaan Asuransi ”

Post a Comment