Friday, June 1, 2012

Makalah Scanner

,

Pengantar Organisasi Arsitektur Komputer
Scanner


Nama         :        Rizka Fajriah
          NPM          :        16110102




Sarjana Magister Sistem Informasi
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Gunadarma



BAB I
PENDAHULUAN
I.1        Latar Belakang
Di era globalisasi ini komputer telah menjadi suatu alat yang terus berkembang dalam memenuhi kebutuhan kerja manusia, terutama untuk seseorang yang berhadapan langsung dengan komputer. Perkembangan computer yang semakin maju pasti diikuti dengan perkembangan komponen – komponen komputernya.
Komponen tersebut pasti memiliki bagian penting yang sudah ada di dalam komputer (isi dari CPU) dan tidak melupakan bagian di luar komputer (alat input output), maka dari itu komputer dapat dikatakan semakin berkembang.
Komponen yang berada di luar computer ikut berperan dalam perkembangan computer tersebut, misalnya saja scanner. Scanner merupakan alat input sekaligus output yang dapat membaca, merekam, dan mengambil informasi yang nantinya akan ditransfer ke komputer. Scanner mengalami kemajuan pada teknologinya, scanner yang berawal dari menggunakan tinta magnetic khusus menjadi menggunakan teknik pencahayaan. Untuk dapat mengembangkan scanner tersebut, para pengguna harus mengetahui awal mula teknologi scanner tersebut, cara kerja dan fungsi scanner, serta mengetahui kelebihan yang ada pada scanner tersebut.

I.2        Rumusan Masalah
            I.2.1. Kemajuan Teknologi Scanner sesuai dengan perkembangan Zaman
            I.2.2. Jenis-jenis, cara kerja dan fungsi scanner
            I.2.3  Apa  kelebihan dan kelemahan yang ada pada scanner ?


I.3        Tujuan
I.3.1. Untuk mengetahui kemajuan teknologi Scanner sesuai dengan
         perkembangan Zaman
I.3.2. Untuk mengetahui bagaimana langkah- langkah cara kerja dan fungsi   
         scanner
            I.3.3. Untuk mengetahui kelebihan scanner dari alat pembaca lainnya

BAB II
PEMBAHASAN

II.1     Perkembangan  Kemajuan  Teknologi Scanner
Dewasa ini teknologi scanner  yang semakin berkembang telah menjamur di masyarakat terutama untuk kalangan bisnis berbasis komputer. Banyak kemajuan yang terjadi seiring berkembangnya dunia dari zaman ke zaman. Pada awalnya bentuk pertama scanner adalah dengan menggunakan tinta magnetic yang dikenal dengan Magnetic Ink Character Recognition (MICR) , namun dibutuhkan tinta magnetic khusus pada scanner tersebut agar dapat dibaca oleh alatnya. Seiring berjalannya penelitian yang berlanjut, kemudian ditemukan teknologi scanner yang lebih unggul yaitu Optical Data Reader , keunggulan tersebut dilihat dari kemampuan dalam membaca data langsung dari kertas biasa tanpa memerlukan tinta magnetic khusus. Pada abad ini yang sudah terkenal dengan kecanggihan teknologinya, sangat banyak produk-produk scanner yang diluncurkan dengan kemampuan dan kualitas yang berbeda-beda sesuai dengan fungsinya. Adapun alat scanner yang diluncurkan baru-baru ini dengan teknologi terbaru. Umumnya scanner dikenal dengan alat yang harus terhubung dengan computer apabila akan digunakan , tetapi kini diperkenalkan Doxie Go – Scanner portabel yang dapat digunakan tanpa harus terhubung dengan computer. Scanner dokumen ini mampu menscan dokumen dan mengupload langsung ke layanan cloud (misalnya Fkickr) dan tentu saja harus terhubung dengan Wi-Fi. Doxie Go scanner nirkabel ini dapat mentransfer file langsung ke perangkat IOS seperti iPhone dan iPad.

II.2      Jenis-jenis, fungsi  dan cara kerja scanner
            Scanner mempunyai banyak jenis yang digunakan pada masing-masing bidang untuk menjalankan fungsinya. Alat scanner dimanfaatkan oleh beberapa bidang pekerjaan, misalnya di bidang industri, kesehatan, bisnis, pendidikan, dll. Jenis Scanner yang digunakan dalam bidang industry adalah bar code  wand yang termasuk kedalam Optical Data Reader. Bar code wand berfungsi untuk membaca label data barang dagangan yang dicetak dalam bentuk kode batang (bar code). Kode batang yang aling banyak digunakan adalah system Universal Product Code (UPC). Bar code wand dilekatkan pada POS terminal dan dihubungkan dengan computer pusat. Bila barang dijual, maka bar code yang ditempelkan pada barang bersangkutan dibacakan ke barcode wand. Barcode wand akan membaca kode yang berbentuk kotak-kotak atau garis-garis tebal vertical yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk angka-angka. Harga dari barang yang bersangkutan yang ada disimpanan luar komputer pusat dibaca, kemudian dapat dikeluarkan tanda terima untuk pembeli yang sudah berisi perincian harga barang.
Adapun jenis scanner dalam bidang bisnis dan pendidikan umumnya menggunakan scanner document, scanner ini berfungsi untuk membaca dan mengambil informasi dalam bentuk gambar maupun teks, misalnya seseorang menscan foto atau buku, maka alat scanner tersebut akan membacanya dengan menggunakan pencahayaan dari dalam dan di transfer ke komputer kemudian ditampilkan di layar komputer sesuai dengan isi dari foto atau buku yang telah di scan, hasil scan tersebut  dapat disimpan dalam bentuk file teks, dokumen ataupun gambar di dalam memory komputer. Dari ulasan diatas pada umumnya secara garis besar cara kerja dan fungsi scanner hampir sama, yaitu scanner berfungsi untuk membaca, menerjemahkan, merekam dan mengambil suatu informasi pada sesuatu yang nantinya akan dikirim ke memory computer dan ditampilkan sesuai bentuk yang diinginkan. Sedangkan langkah –langkah cara kerja scanner yang sudah dikenal adalah sebagai berikut :
4
Ketika user mengklik icon scan pada computer, Mesin yang terletak dalam scanner tersebut mengendalikan proses pengiriman ke unit scanning. Kemudian unit scanning akan menempatkan proses pengiriman ke tempat atau jalur yang sesuai untuk langsung memulai scanning. Cahaya yang terlihat pada scanner menandakan bahwa kegiatan scanning sedan dalam proses, ketika prosesscanning selesai maka secara otomatis cahaya tersebut akan mati kembali, dan hasilnya akan ditampilkan pada layar monitor yang terhubung. Hasil dari proses scanning tersebut dapat di modifikasi sesuai keinginan, pemodifikasian dapat dilakukan dengan menggunakan software Photoshop, Adobe dan lain-lain.
II.3      Kelebihan dan Kelemahan Scanner dibanding alat pembaca lainnya
Scanner sebagai alat teknologi yang marak digunakan pasti memiliki kelebihan dan kelemahan tersendiri jika dibandingkan dengan alat teknologi pembaca lainnya, misalnya mesin foto copy.
Scanner apabila dibandingkan dengan mesin foto copy memiliki kelebihan yaitu :
a)      hasil dari scanner dapat di modifikasi sesuai keinginan karena hasilnya ditampilkan dahulu pada monitor.
b)      Hasil scanner dapat disimpan dalam bentuk soft copy di computer, sehingga apabila ingin di edit kembali user tidak perlu menscan ulang.
Sedangkan kelemahan scanner disbanding dengan mesin fotocopy antara lain :
a)      Apabila ingin memperoleh hard copy, hasil scanner harus di print terlebih dahulu sehingga memerlukan waktu yang cukup lama dan tidak efisien, berbeda dengan mesin foto copy yang langsung menghasilkan output dalam bentuk hardcopy secara cepat dalam hitungan detik.
b)      Hasil keluaran scanner terkadang tidak lebih bagus dari hasil mesin fotocopy dan scanner juga memerlukan tinta yang mahal.

BAB III
KESIMPULAN

            Teknologi Scanner kini semakin dikembangkan dan dapat dikatakan telah mencapai taraf kecanggihan yang cukup tinggi. Kemajuan alat tersebut dapat dilihat dari jenis-jenis scanner yang bertambah banyak untuk membantu pekerjaan – pekerjaan di berbagai bidang. Jenis jenis dari alat yang canggih tersebut pasti memiliki cara kerja dan fungsi yang berbeda – beda, hal tersebut terjadi karena scanner – scanner tersebut di ciptakan untuk bidang – bidang pekerjaan yang berbeda, maka dari itu disesuaikan pula kegunaan scanner dalam menjalankan pekerjaan – pekerjaan yang menggunakannya.

DAFTAR PUSTAKA

Hartono, Jogiyanto, Pengenalan Komputer, Yogyakarta: Andi Yogyakarta, 1988.














7

0 comments to “ Makalah Scanner ”

Post a Comment