Friday, June 1, 2012

Perangkat Lunak Sistem Operasi

,
Pengantar Organisasi Arsitektur Komputer
Perangkat Lunak
Sistem Operasi

       Nama : Rizka Fajriah
BAB I
PENDAHULUAN
I.1        Latar Belakang
Tidak lengkap rasanya apabila suatu komputer tidak memiliki software (perangkat lunak). Komputer tanpa adanya software di dalamnya tidak akan dapat berjalan atau beroperasi dan dapat dikatakan sebagai benda bagus tapi tidak berguna. Software sangat berperan penting dalam computer karena denagn software computer akan berguna sebagai mana mestinya, misalnya mengolah data , menyimpan hasil olahan data tersebut yang sudah menjadi sebuah informasi, mengambil dan mengedit kembali informasi tersebut, memainkan games dan menjalankan aplikasi lainnya.
Perangkat Lunak merupakan program – program computer yang berfungsi untuk menjalankan suatu pekerjaan sesuai dengan yang dikehendaki. Software terdiri dari beberapa jenis, antara lain: Sistem Operasi, Program Utility, Program Aplikasi, Program Paket dan Bahasa Pemrograman. Dalam menjalankan fungsi komputer Sistem Operasi dapat dikatakan sebagai jenis software yang paling berperan penting, karena pengguna komputer dihubungkan dengan perangkat keras oleh sistem operasi tersebut.

I.2        Rumusan Masalah
            I.2.1. Apa itu Sistem Operasi Windows?
            I.2.2. Bagaimana sejarah dan perkembangan Sistem Operasi Windows?
            I.2.3  Apa saja kelebihan dan kekurangan Sistem Operasi Windows?

I.3        Tujuan
I.3.1.    Untuk mengetahui tentang Sistem Operasi Windows
I.3.2.    Untuk mengetahui bagaimana sejarah dan perkembangan Sistem Operasi Windows
I.3.3.    Untuk mengetahui kelebihan dan kelemahan Sistem Operasi Windows

BAB II
PEMBAHASAN

II.1     Sistem Operasi Windows
Kemajuan dan kecanggihan sebuah komputer pasti akan didukung pula oleh kehebatan sistem operasi yang digunakan. Sistem operasi secara umum ialah pengelola sumber daya dan pengontrol seluruh operasi – operasi yang terdapat pada sistem komputer, menyediakan sekumpulan layanan ke pengguna sehingga memudahkan dan menyamankan pengguna serta pemanfaatan sumber daya sistem komputer. Sistem operasi yang telah dikeluarkan sangat banyak jenisnya, contohnya Linux, Unix, Windows, dll. Namun Sistem Operasi yang paling terkenal adalah Windows, karena system operasi tersebut paling banyak digunakan oleh user sampai saat ini. Sistem operasi Windows adalah sistem operasi  berdasarkan atas Graphic User Interface (GUI) yang dikembangkan oleh Microsoft  Corporation dibawah naungan Bill gates. Windows mempunyai banyak feature yang mampu menarik perhatian dan memanjakan penggunanya dengan kata lain semakin tinggi versi dari Windows semakin banyak pula kemudahan yang ditawarkannya.

II.2      Sejarah dan Perkembangan Sistem Operasi Windows
            Pada tahun 1983 Microsoft mengumumkan pengmbangan Windows untuk menggantikan sistem operasi MS-DOS yang digunakan sejak tahun 1981 pada IBM-PC . Perkembangan tersebut diawali dengan dirilisnya versi pertama dari Microsoft Windows, yaitu :

1.      Windows 1.0
Windows 1.0 dikeluarkan pada tahun 1985, namun sayangnya kurang populer. Windows 1.0 masih mampunyai banyak kekurangan  karena tidak menyediakan sistem operasi yang lengkap dan lebih mirip dengan versi sebelumnya yaitu MS-DOS yang diperluas.
                                                                                                     
2.      Windows 2.0
Windows versi kedua ini diluncurkan pada tahun 1987, dan lebih popular dari versi pertama. Sistem Operasi ini mendukung aplikasi grafis misalnya Excel dan Word for Windows, serta menjadi sebuah platform untuk menjalankan operasi Microsoft Office.

3.      Windows 3.0
Windows 3.0 merupakan versi sistem operasi windows yang mulai menunjukkan kesuksesan atas Microsoft pada tahun 1990 karena telah menambahkan berbagai kemampuan untuk menjalankan aplikasi secara multitasking dan dapat ditambahkan virtual memory.Windows 3.0 kompatibel dengan prosesor buatan intel dari tipe 8086/8088 sampai 80286 & 80386.

4.      Windows 3.1
Microsoft mengeluarkan kembali Windows 3.1 sebagai perbaikan dari versi sebelumnya yaitu Windows 3.0 dengan mendukung multimedia.

5.      Windows NT
Selanjutnya Microsoft mengeluarkan sistem operasi yang dapat dihandalkan, yaitu Windows NT oleh Dave Culter pada tahun 1992. Windows ini menjadi terkenal karena karena beberapa fiturnya dapat digunakan pada jaringan LAN.

6.      Windows 95 (NT 4.0)
Windows versi ini dirilis pada tahun 1995, Sistem Operasi tersebut memperkenalkan teknologi Plug and Play (PnP),dengan menggunakan kernel 32 bit, serta mendukung perangkat keras berbasis bus (USB).

7.      Windows 98
Setelah merililis windows 95, kini Sistem Operasi Windows semakin dikembangkan lagi dengan merilis kembali Windows 98 (NT 4.1) pada tahun 1998. Windows ini mendukung sistem berkas FAT32 (mengijinkan partisi lebih dari 2 Gb) serta Built in Internet Explorer.

8.      Windows 2000
Windows 2000 dirilis pada tahun 2000, Windows ini memiliki Active Directory. Versi Windows ini berbasis kernel NT terakhir yang tidak mengharuskan penggunanya untuk melakukan aktivasi.

9.      Windows ME
Pada tahun 2000, Microsoft memperkenalkan hasil perbaikan dari Windows 98, yaitu Windows ME (Millenium Edition) dengan tambahan berbagai macam fitur multimedia, utility restore dan Internet. Windows ini merupakan versi terakhir yang menggunakan kernel monolithic dan tidak memiliki Windows Product Activation (WPA).

10.  Windows XP
Windows XP merupakan versi windows pada tahun 2001 yang paling sempurna dibandingkan dengan versi – versi sebelumnya, dengan menggunakan kernel NT 5.1 yang terkenal dengan kestabilannya.

11.  Windows Server 2003
Microsoft merilis Windows Server 2003 pada tahun 2003, sesuai dengan namanya, Sistem Operasi ini digunakan untuk computer berbasis server dengan dihilangkannya beberapa fitur untuk menstabilkan. Windows 2003 mempunyai enam bentuk sistem operasi yaitu :

         Small Business Server
         Web Edition
         Standard Edition
         Enterprise Edition (32 and 64-bit)
         Datacenter Edition
         Storage Server

12.   Windows Vista
Windows Vista untuk bisnis dirilis pada tahun 2006, sedangkan untuk rumahan pada tahun 2007. Windows ini menggunakan kernel NT 6.0,memperkenalkan User Account Control untuk menggantikan Administrator by Default pada Windows XP, fitur windows Aero GUI, aplikasi yang baru (contoh: Windows Calendar, Windows DVD Maker dan beberapa games baru), menawarkan versi Microsoft Internet Explorer serta Windows Media Player versi 11.

13.  Windows 7
Keluaran Microsoft versi ini merupakan generasi penerus windows vista yang dirilistahun 2010. Windows 7 dikenal dengan sebutan Blackomb dan Vienna. Windows versi ini sangat banyak digunakan pengguna computer sebagai sistem operasinya.

14.  Windows 8
Perkembangan Sistem Operasi yang kini makin melesat telah dibuktikan oleh Microsoft dengan menghadirkan Sistem Operasi terbaru Windows 8 yang cukup revolusioner, dengan perubahan signifikan dibandingkan versi windows sebelumnya terutama pada aspek user interface. Hal tersebut terinspirasi dari tampilan sistem operasi tablet PC dan perangkat mobile dengan layar sentuh ataupun keypadnya. Tetapi walaupun seperti itu, Windows 8 tetap dapat digunakan pada desktop PC dengan input mouse dan keyboardnya.

II.3      Kelebihan dan Kelemahan Sistem Operasi Windows
Semua Sistem Operasi memiliki kelebihan dan kelemahan yang dapat dilihat dari  bagaimana Sistem Operasi tersebut bekerja.Kelebihan dari Sistem Operasi Windows antara lain :
1.      User friendly dibandingkan dengan sistem operasi yang lain
2.      Instalasi software masih mudah dibandingkan dengan instalasi di sistem operasi yang lain
3.      Banyak software berbasis windows
4.      Dukungan driver yang lebih banyak
5.      Semakin mudah membuat software untuk dijalankan di Microsoft Windows, karena sistemnya sudah dishare untuk dapat dikembangkan.
6.      Banyak GPL dan freeware gratis ditawarkan untuk Windows
Sedangkan Kelemahan yang ada pada Sistem Operasi Windows adalah sebagai berikut :
1.      Harga license mahal
2.      Komunitas terlalu sedikit, karena bersifat closed – source
3.      Banyaknya virus yang sering menyerang Windows
4.      Sistem keamanan yang kurang
5.      Sistem yang kurang stabil

BAB III
KESIMPULAN

Dapat disimpulkan bahwa perkembangan suatu Sistem Operasi ditandai dengan munculnya Sistem Operasi Windows terbaru, yaitu Windows 8. Microsoft berhasil merilis sistem- sistem operasi windows , dari versi windows 1.0 yang sangat tidak lengkap sampai dengan versi terbaru, yaitu Windows 8 yang semua menjadi kebutuhan pengguna hampir ada pada sistem operasi tersebut.
Sistem operasi windows memiliki sifat user friendly, penginstallan softwarenya masih mudah, banyak software yang berbasis windows, driver yang mendukungnya lebih banyak, semakin mudah membuat software di Microsoft Windows, dan banyak freeware gratis. Sedangkan kelemahan pada sistem operasi windows adalh harga license yang mahal, komunitasnya sedikit, rentan terhadap virus, sistem keamanan yang kurang, dan kuran stabilnya sistem.

DAFTAR PUSTAKA

http://naughtyric.blogspot.com/2011/07/mengenal-sistem-operasi-windows.html










                                                                                                                        8

0 comments to “ Perangkat Lunak Sistem Operasi ”

Post a Comment